Search This Blog

Friday, January 8, 2010

CocoAspell : Solusi untuk cek ejaan bahasa internasional di Mac OS X

Mac OS X leopard hanya memuat fasilitas cek ejaan untuk 9 bahasa saja; Inggris ( 4 macam ), Jerman, Belanda, Perancis, Italia, Spanyol, Rusia, Denmark dan Portugal ( 2 macam ). Anda mungkin akan berpikir bahwa bila tidak ada bahasa yang anda gunakan, Apple mungkin akan menyediakan beberapa Kamus yang bisa di download (.dict) di situsnya yang di install oleh orang yang berbahasa asing lainnya. Well, jangan harap deh…tapi ada solusinya kok dan ini bisa di gunakan untuk semua bahasa asing!
Solusinya adalah port OS X Aspell, software open source untuk cek ejaan, namanya CocoAspell. CocoAspell di install dalam OS X System Preference pane dan bundling dengan beberapa kamus.
Aplikasi bisa di download disini http://cocoaspell.leuski.net/
Sedangkan untuk tambahan kamus cek ejaan dapat di download dari http://ftp.gnu.org/gnu/aspell/dict/0index.html
Ada banyak kamus Aspell, termasuk untuk Bahasa Polandia, Bulgaria, Cekoslovakia, Yunani, Norwegia, Malaysia, Kroasia, Macedonia, Indonesia, Walsh, Afrika, Islandia, Kurdi, Rumania, Slovakia, Turki, Ukrania, Arab dan Zulu.

Kamus tambahan di install dengan cara menempatkan folder dictionary yang sudah di extract di /Library/Application Support/cocoAspell dan kemudian relaunch cocoAspell System Preferences Pane. Begitu selesai di aktifkan, bahasa yang ingin anda cek ejaannya harus di seleksi terlebih dahulu di windows TextEdit's 'Spelling And Grammar' : Edit>Spelling and Grammar>Show Spelling and Grammar. Aplikasi harus di relaunch lagi agar perubahan di kamus bisa di kenali.







CocoAspell hanya menyediakan cek ejaan untuk aplikasi Mac OS X seperti TextEdit, Safari dan Pages, dan juga aplikasi tambahan lainnya yang sinkron dengan Dictionary.app.
Cocoaspell tidak bisa di gunakan untuk MS Office untuk Mac. Cek Ejaan bahasa asing lain yang tidak terdapat di aplikasi Word hanya bisa di lakukan dengan membuat setting sendiri untuk kamusnya.
Aspell adalah sebuah proyek yang masih berjalan dan kamus-kamus baru tetap akan diciptakan sampai saat ini.

Selamat Menikmati.

( di terjemahkan dari: http://machacks.tv )

No comments:

Post a Comment

 
free blog directory